Saturday, November 23, 2013

Bullying is not cool!

      
         Apa itu bullying? Bullying itu adalah penindasan yang mengarah pada kekerasan *sok tau-_- ya itu setidaknya menurut gue. Tapi, yang perlu diingat, semua orang pasti pernah ngebully orang. Ada tiga jenis bullying, yaitu melalui kontak fisik (memukul, memalak, dsb), lisan (mengejek) dan cyberbulling yaitu kekerasan yang ada di internet. Biasanya bullying dilakukan oleh geng-geng atau kelompok tertentu. Mereka mungkin menganggap itu keren. Mereka menganggap itu biasa dan mungkin mereka menganggap itu lelucon. Gue sendiri pernah dibully. Ya, pernah. Cukup parah jugalah, kayak: dilemparin tong sampahlah, disiram teh manislah, dilemparin es batulah, dikata-katainlah. Oh iya cyberbullying itu kayak ngebajak status tweet/fb orang, ngehack akun orang dan yang berhubungan dengan dunia maya pokoknya. Yang gue sebel, kenapa orang-orang yang melihat aksi bullying hanya diam aja? Kenapa mereka gak bertindak apa-apa? Bukannya kalau mereka diam, itu cuma akan melancarkan perbuatan pembully itu? Bukankah itu semakin membuat korban tersiksa? 
         Mengapa bullying terjadi? Mungkin karena si pelaku kurang perhatian, pernah dibully, terpaksa ikut karena tergabung dalam kelompok tertentu, pengen dianggap keren padahal sebaliknya, dsb. Kayaknya gue cocok jadi psikolog deh kalo gitu.
         Kebanyakkan bullying itu terjadi disekolah. Para pelaku ini mungkin menganggap diri mereka adalah jagoan. Dan mereka menindas orang-orang yang lemah. Biasanya yang dibully itu hanya sendirian lho. Dan yang ngebully itu rame-rame, jelaslah babak belur jadinya-_-.
         Mari hentikan bullying dari sekarang. Kalo melihat ada teman yang dibully, mari kita bela, jangan cuma diam karena takut. Karena diamnya kita akan membuat si pembully itu semakin menjadi-jadi. Bullying is not cool. Kalo mau jadi jagoan, ikut aja beladiri sono. Tapi jangan disalahgunain juga, sih.
       Dampak buat korban bullying itu gak main-main lho. Mereka bisa aja stress, depresi, malas bergaul, menutup diri, trauma, mencoba hal-hal yang tidak baik dan yang paling parah adalah mencoba bunuh diri. Buat kalian yang suka ngebully orang, berhenti dari sekarang!
       Karena kita tau, bullying dinegara kita sudah bukan hal asing lagi. Ironisnya, bullying terjadi hampir diseluruh negara didunia ini. Kasus bullying di Indonesia yang paling tenar adalah kasus bullying Don Bosco, kira-kira setahun yang lalu. Katanya sih korban dipukul dan disundut rokok.
         Hentikan bullying! Dampaknya bukan hanya buat korban aja, pelaku dan saksi juga ikut kena. Bagi pelaku dampaknya adalah mereka suka menindas, melukai, memukul, mengejek, menjadi anak yang bermasalah dan nakal. Bagi para saksi, dampaknya adalah ketakutan.
       Nah, udah tau kan infonya dari gue? Gimana? Bagus gak? Stop Bullying. Because, Bullying is not cool, true? Hidup damai itu indah. Cintailah sesama dan hindarilah bullying! Sampai jumpa :) Salam damai!

2 comments:

  1. nice!
    emang bullying itu ga keren dan ga penting juga sih :p

    main kesini yuk
    http://vikaetiana.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Yup! Bullying itu emang gak keren dan gapenting, setuju! Terimakasih atas komentarmu, ya ;). Oke berkunjung balik ya☺

    ReplyDelete

cursor by onehundred-vicless-nights

Please Translate Here